Halaman

Jumat, 19 Juli 2013

Manfaat Sholat Fardhu

Shalat adalah salah satu rukun islam nomor dua setelah mengucap dua kalimat syahadat. Artinya jika kita tidak shalat maka kita belum pantas menyebut diri kita islam. Shalat terbagi menjadi shalat fardhu dan shalat sunnah, tentu kalian sudah paham apa perbedaan antara fardhu dan sunnah kan...?Shalat fardhu dilakukan lima kali sehari yaitu subuh, dhuzur, ashar, magribh dan isya. Shalat yang kita lakukan sehari-hari memiliki manfaat yang luar biasa, dari manfaat di Dunia sampai manfaat di Akhirat. Manfaat-manfaat tersebut ialah.



1. Mencegah dari kemungkaran dan dosa hawa nafsu
"Dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar." (Al-Ankabut: 45
Perkara pertama yang dihitung di hari kiamat adalah shalat. Apabila shalatnya benar, maka benarlah seluruh perbuatannya dan apabila shalatnya tidak benar, maka tidak benarlah seluruh perbuatannya.

2. Menghapus dosa-dosa dan kesalahan
Ubadah bin Shamit RA berkata, "Saya bersaksi bahwa saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda:
"Lima shalat wajib yang ditetapkan Allah SWT, maka barangsiapa memperbaiki wudhunya, mendirikan shalat tepat pada waktunya, menyempurnakan rukuk, sujud dan khusyuknya, maka Allah SWT menjanjikan baginya pengampunan. Akan tetapi barangsiapa yang tidak menunaikan, maka ia tidak mendapatkan jandi dari Allah. Apabila Allah menghendaki, maka dia akan mengampuninya dan apabila Allah menghendaki, maka Dia akan mengazabnya."

3. Jalan keluar mukmin dari kesulitannya
"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Rabb-nya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya." (Al-Baqarah: 45-46).Â
"Dan kami sungguh-sungguh mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan, maka bertasbihlah dengan memuji Rabb-mu dan jadilah kamu diantara orang-orang yang bersujud (shalat)." (Al-Hijr: 97-98).

4. Pemelihara dan perlindungan
Rasulullah SAW bersabda :
"Barangsiapa yang melaksanakan shalat subuh, maka ia berada dalam perlindungan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apapun sehubungan perlindungan-Nya. Sungguh, siapa yang Allah tuntut dengan sesuatu sehubungan orang yang dilindunginya, pasti akan Dia temukan kemudian ditelungkupkan wajahnya di neraka jahannam."

5. Pembuka rezeki
"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertasbihlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung." (Al-Jumu'ah: 10).

6. Shalat pembawa kemenangan di dunia Akhirat
"Hai orang-orang yang beriman. Apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka bertegur hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung." (Al-Anfal: 45).

7. Penyelamat dari azab kubur

8. Penyelamat bagi orang mati dan orang-orang yang disiksa

9. Membebaskan dari azab Allah

10. Mengangkat derajat
"Dan pada sebahagian malam hari shalat Tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (Al-Isra: 79).

11. Kunci Hidayah
"Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran." (An-Nahl: 90)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar